Game berasal dari bahasa Inggris game yang artinya permainan. Seringkali permainan dikaitkan sebagai kegiatan anak kecil yang menyenangkan, namun seiring berkembangnya jaman bersamaan dengan dunia teknologi, permainan memiliki banyak sekali genre dan tingkat kesulitan tertentu yang disesuaikan dengan semua kalangan usia dan gender. Mulai dari game yang mengedukasi seperti game anak kreatif hingga game yang hanya bisa dimainkan oleh orang dewasa saja. Peristiwa ini tentu menunjukkan jika dunia game adalah dunia yang sangat luas.Bahkan perlombaan e-sport akhir-akhir ini semakin diminati seluruh kalangan karena memang cabang dari game ini snagat bervariasi, dan yang lebih mencengangkan lagi adalah hadiah utama yang ditawarkan pada pemenang sangatlah fantastis.

Namun yang akan dibahas kali ini adalah jenis game atau permainan yang berfokus kepada anak sebagai subyeknya. Karena pada dasarnya, bermain adalah kegiatan utama anak-anak. bahkan untuk usia balita, jenis-jenis permainan tertentu dijadikan upaya untuk menstimulasikan perkembangan dan pertumbuhan pada anak. Gameyang dapat  melatih kreatifitas  anak adalah salah satu kategori game yang tujuan utamanya melatih otak dan keterampilan anak agar lebih kreatif. Jangan sampai anak terjerumus dalam sebuah permainan pengeluaran hk, yang kini sudah banyak di larang dimaikan di media online. Tentunya game ini menjadi sebuah rilisan game yang sangat membuat ketagihan bagi setiap pemainnya.

Menyiasati Game Untuk Anak

Macam-Macam Rekomendasi Game Kreatif Anak Yang Bisa Dicoba Dimana Saja

Efek lain selain memfasilitasi anak untuk merefresh dan mengasah otak anak adalah tidak lain efek negatif dari permainan itu sendiri yang apabila dilakukan terus-terusan tanpa pengawasan ketat dari orang tua. Untuk itu, tidak ada masalah jika orang tua membiarkan anaknya memainkan game asal dengan syarat tetap dengan pengawasan, diberi batasan waktu dan jika perlu, pilihkan kategori permainan yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak.

Macam-Macam Rekomendasi Game Kreatif Anak

Pemilihan game untuk anak juga tidak boleh sembarang, usahakan memilih game yang sesuai dengan usianya dan pilihlah game yang dapat membantu menstimulasi perkembangan otak dan otot-ototnya. Jika game online tidak memungkinan, maka Anda dapat memilih beberapa kategori game offline yang dapat dimainkan oleh anak. Berikut adalah daftar jenis game untuk anak yang dapat melatih kreatifitas anak.

  • Handcraft

Salah satu jenis game kreatif anak yang direkomendasikan para ahli adalah kategori game yang berfokus pada pelatihan kreatifitas anak dalam menggabungkan benda-benda tertentu sehingga menjadi karya yang indah atau bahkan bisa dimanfaatkan. Sediakan beberapa bahan-bahan dengan variasi warna yang beragam untuk anak, kemudian awali dengan mengenalkan nama-nama bahan tersebut dan ajari anak menyebutkan warna-warna apa saja yang ada disana. Setelah itu, demonstrasikan secara singkat tahap-tahap proses membuat karya di depan anak-anak untuk selanjutnya meminta anak untuk mengikuti proses tersebut. Dampingi dan ajari step by step secara sabar, sambil sesekali menjelaskan apa saja manfaat dan kegunaan dari karya yang sedang mereka buat.

  • Menyusun Puzzle

Sejak dahulu, puzzle banyak dipilih sebagai salah satu jenis permainan yang membantu merangsang perkembangan otak dan motorik halus anak. Permainan menyusun puzzle juga sangat bervariasi, hal itulah yang membuat permainan ini tetap diminati sepanjang jaman. Anak-anak juga senang memainkannya karena selain seru, ada kepuasan tersendiri apabila mereka berhasil menaklukan challenge hingga titik penyusunan akhir. Akan tampak gambar / bentuk akhir yang memuaskan setelah berkutat menyusunna dengan penuh konsentrasi. Hingga saat ini, game puzzle masih tetap bisa dimainkan secara online dan offline. Bahkan permainan menyusun puzzle online dapat ditemukan dengan sangat mudah di aplikasi unduh permainan di ponsel Anda.

  • Origami

Seni melipat kertas khas Jepang atau yang lebih dikenal dengan origami ini juga termasuk ke dalam kategori permainan yang dapat mengasah kreatifitas anak. pasalnya, hanya cukup menggunakan kertas warna warni dan sedikit persediaan alat tulis anak sudah dapat ditantang untuk membuat sesuatu sesuai dengan imajinasi mereka. Mulai dari membuat bentuk-bentuk seperti burung, perahu, bunga, baju, topi dan banyak bentuk lainnya. Walau berbasis kesenian, game atau permainan melipat kertas juga dapat terasa menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Sambil membuat bentuk yang diinginkan, ajak anak untuk mengkomunikasikan apa yang ada di dalam pikiran mereka tentang bentuk yang sedang dibuatnya. Beri penilaian dan masukkan yang membangun ketika proses melipat kertas sudah selesai.

  • Tetris

Sejak pertama kali game digital ditemukan, permainan tetris banyak sekali dimainkan leh seluruh kalangan usia di dunia. Selain karena keseruannya, permainan ini juga dapat memberikan pembelajaran yang dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Contohnya, karena terbiasa memikirkan bagaimana suatu bentuk dapat tertata rapi antar bentuk lainnya, maka ketika melakukan kegiatan seperti beres-beres rumahpun kita cenderung berusaha menyusunnya dengan rapi sesuai ketersediana space yang tersisa. Begitu pula pada anak, jenis game kreatif anak ini dapat dimainkan secara offline maupun online dengan harapan dapat menambah kemampuan anak dalam menyusun sesuatu secara rapi dan runtut.