Penggunaan motor matic di Indonesia tergolong sangat masif, hal ini terbukti sejak beberapa tahun belakangan ini posisi berbagai jenis motor bebek dan sport  tergeser dengan motor matic. Kebanyakan dari pengguna motor lebih memilih menggunakan matic dikarenakan penggunaannya lebih simpel dibandingkan motor bebek dan motor sport yang masih menggunakan gigi. Pada dasarnya matic hanya bertumpu pada gas dan rem tangan sehingga kunci utama dalam menjalankannya hanya bergantung pada kedua hal tersebut tidak seperti motor bebek yang masih menggunakan gigi 1-4 dan rem kaki. Oleh sebab itu, tidak heran jika berbagai pabrik motor di Indonesia berlomba-lomba mengeluarkan motor matic. Permintaan pasar terhadap motor matic semakin hari juga kian melonjak, mengalahkan berbagai jenis motor bebek dan sport dengan varian terbaru sekalipun. Mengingat permintaan pasar yang kian bertambah, maka pabrik motor juga menambah spesifikasi motornya seperti misalnya karburator dan injeksi.

Penggunaan motor matic menjadi sebuah trend tersendiri sehingga kebanyakan masyarakat hanya bisa mengendarai matic saja dan tidak bisa mengendarai motor bebek ataupun sport yang notabene manual. Sebagai akibat penggunaannya yang mudah dan simpel, kebanyakan masyarakat juga mengabaikan perawatan motor  terbaik  jenis matic yang notebene lebih sulit dibandingkan motor bebek pada umumnya. Banyak orang yang hanya bisa mengebdarai tetapi tidak tahu bagaimana cara merawat dan mengerti mengenai bagaimana kondisi mesin yang baik. Oleh sebab itu, di bawah ini ialah cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat motor matic agar awet dan terhindar dari kerusakan

Perawatan Motor Terbaik Pada Jenis Matic

Perawatan Motor Terbaik Jenis Matic

Beberapa cara di bawah ini lebih diutamakan bagi motor matic 125cc dan 110cc. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya cara perawatan yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan berbagai jenis matic lainnya. Berikut ialah beberapa diantaranya:

1. Memanaskan motor secara rutin pada pagi hari. Cara ini termasuk dalam salah satu cara ampuh menjaga dan merawat mesin motor matic. Tujuan dari pemanasan rutin setiap harinya agar oli dapat melumasi mesin motor sehingga performa mesin tersebut tetap maksimal. Biasakan memanasi selama 5-10 menit di pagi hari baik ketika Anda akan menggunakan ataupun tidak. Alangkah lebih baik jika pemanasan motor menggunakan kick starter dan tidak terlalu sering menggunakan electric starter karena hal tersebut dapat mengurangi performa baterai. Cara ini tergolong cukup mudah untuk dilakukan sehingga Anda jangan sampai terlewatkan untuk melakukannya.

2. Mengganti oli secara berkala

Mengganti oli motor matic secara rutin tiap beberapa waktu merupakan salah satu cara yang penting dan tidak boleh ditinggalkan dalam urutan perawatan motor terbaik. Biasanya penggantian oli dapat dilakukan setelah berhasil menempuh 1000 km perjalanan sesuai dengan ketentuan awal yang ditetapkan. Sedangkan penggantian oli transmisi atau oleh gardan biasanya setelah motor telah menempuh jarak sepanjang 5000 km. Jika Anda lupa atau tidak mengetahui mengenai kurang lebih perhitungan jarak tempuh motor, maka Anda bisa melakykan penggantian oli secara rutin setiap 2-3 bulan sekali. Selain rutin mengganti oli, Anda juga harus tetap memperhatikan mengenai jenis oli yang digunakan. Pastikan oli tersebut sesuai dengan spesifikasi motor matic Anda.

3. Menjaga motor Anda jangan sampai  kehabisan bensin.

Kebiasaan buruk yang kerap terjadi pada pengguna motor matic ialah kehabisan bensin. Hal ini sebaiknya Anda hindari karena lama-kelamaan kebiasaan ini bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin motor, terlebih bagi motor matic yang sudah injeksi. Biasakan mengisi besnin secara rutin, jangan sampai kehabisan atau minimal jangan sampai speedometer menunjukkan indikator E yang menandakan bahan bahan hampir habis.

4. Menjaga kondisi gas tetap stabil.

Hal ini menjadi salah satu cara pokok perawatan terbaik motor matic, mengingat kunci utama matic terletak pada gas. Menjaga kondisi gas yang dimaksud dalam hal ini ialah mengatur kecepatan Anda, jangan terlaku sering mengubah kecepatan motor secara tiba-tiba seperti misalnya menaikkan gas atau menurunkan gas secara drastis dan tiba-tiba. Kebiasaan penggunaan gas yang tidak stabil ini bisa mengakibatkan kerusakan mesin dan vanbelt motor yang mnantinya kan membahayakan bagi penggunannya. Oleh sebab itu, berhati-hati dalam menggunakan gas juga merupakan salah satu cara perawatan motor matic yang harus Anda perhatikan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda perhatikan dalam perawatan motor matic, Untuk beberapa tips lainnya tentang perawatan motor yang lebih lengkap bisa langsung anda kunjungi situs http://www.azymuth.net. selebihnya mengenai perawatan motor terbaik lainnya juga  bisa Anda lakukan dengan beberapa cara berikut ini

Cara Mudah Perawatan Motor Secara Mandiri

perawatan motor terbaik

1. Menanyakan kepada pihak yang lebih ahli dan paham mengenai mesin dan jangan sekali-kali Anda mengutak-atik mesin sendiri jika tidak benar-benar mengetahuinya.

2. Menjaga kebersihan motor Anda, jangan sampai kotoran mengakibatkan kerusakan terhadap performa mesin motor.

3. Rutin memeriksakan kondisi motor kepada pihak yang ahli ataupun bengkel.

4. Menggunakan dalam taraf wajar dan tidak berlebihan agar tidak berbahaya serta meningkatkan resiko kerusakan.