Mencuci motor menggunakan produk pembersih motor terbaik yang benar tidak dilakukan secara asal-asalan saja, seperti langsung menyiram air atau langsung menyabun motor. Jika hanya dengan menyiramkan air saja, tentu bagian-bagian motor yang terdalam tidak akan bisa bersih. Jika anda ingin mencuci motor menggunakan produk pembersih motor terbaik dengan tepat, perhatikan langkah-langkah mencuci motor menggunakan produk pembersih motor terbaik di bawah ini:

  • Siapkan spons, shampoo motor dan kain lap

Langkah pertama yang harus anda persiapkan adalah menyiapkan alat dan bahan mencuci motor. Alat dan bahan yang perlu anda siapkan seperti spons, shampoo motor, kain lap, selang, dan bak penampung air. Pilihlah sampo yang khusus untuk bodi motor dan tiidak merusak cat maupun stiker motor

  • Patikan keadaan motor dingin

Sebaiknya anda mencuci motor dalam keadaan dingin, jika terlanjur panas maka dinginkanlah terlebih dahulu. Fungsi pendinginan ini adalah agar tidak terjadi perubahan suhu yang drastic. Motor yang masih panas setelah digunakan akan mengeluarkan asap ketika disiram.

  • Bersihkan rantai terlebih dahulu

Sebaiknya anda membersihkan bagian rantai terdahulu sebelum membersihkan bodi motor secara menyeluruh. Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan kerak dan minyak lalu buang kotorannya. Anda bisa melumasi rantai kembali setelah motor selesai dicuci bersih.

  • Bersihkan bodi dan beberapa bagian mesin

Selanjutnya anda bisa membersihkan bodi motor menggunakan air yang dipancurkan melalui selang. Pada tahap ini lakukan pencucian seperti umumnya, dari mulai membasahi semua bodi dan beri shampo motor dengan merata. Anda juga bisa membersihkan bagian mesin yang ada di bagian luar menggunakan sikat gigi bekas.

  • Keringkan dengan kain

Jika semua bodi motor sudah dicuci dan dibilas dengan bersih, maka selanjutnya adalah mengeringkan menggunakan kain. Keringkan dengan kain lembut secara merata, lakukan dengan perlahan agar bodi motor tidak rusak.

  • Beri silicon motor

Setelah mengeringkan semua bagian motor menggunakan lap, anda bisa memberi silicon atau lapisan pengkilap. Aplikasikan ke bagian-bagian yang terlihat, seperti bodi atau jok motor.